Jumat, 08 Februari 2013

Railing Tangga dan Balkon




Railing Tangga dan Balkon
Railing tangga biasanya ditempatkan pada bagian dalam bangunan, railing yang ditempatkan pada bagian atas teras bangunan biasa disebut railing balkon.

Fungsi utama dari railing tangga itu sendiri sebagai penyangga saat naik atau turun tangga, untuk railing balkon, sebagai penahan jatuh dari lantai yang lebih tinggi dari area properti. Namun selain sebagai fungsi utama tersebut dengan sentuhan seni menciptakan beberapa model railing tangga sehingga bagian interior atau eksterior suatu properti semakin indah dipandang.

Tangga yang ideal adalah tangga yang mempunyai pengaman yang tentunya untuk mengamankan “perjalanan” dari bawah ke atas atau sebaliknya. Pengaman tangga biasa disebut railing yang bisa terbuat dari material yang sama dengan struktur tangga atau dengan material lainnya. Memang ada beberapa desain tangga yang menarik tanpa railing atau pengaman tangga, tapi akan lebih bijak jika railing tetap ada karena fungsinya bisa jadi bukan hanya kita yang menggunakan, bisa anak-anak atau orang tua.

Tren railing tangga yang biasa digunakan masyarakat sekarang mulai beragamam, mulai logam, kayu, beton sampai kaca. Railing tangga tersedia dengan berbagai macam desain dari yang klasik sampai minimalis sesuai dengan permintaan konsumen.

Aplikasinya yang sesuai dengan desain interior juga sangat menentukan kecantikan bentuk railing tangga ini, misalnya untuk rumah minimalis, material yang sesuai adalah logam, beton, atau kaca, meskipun konsep minimalis lebih kepada kesederhanaan desain dari pada pemilihan material. Selain sebagai pengaman, railing tangga juga dituntut untuk dapat tampil menarik sehingga bisa menjadi bagian interior yang menyatu dengan perabot dan konsep desain interior secara keseluruhan.

Model railing tangga bisa dibuat apa saja tergantung selera pemilik rumah, tetapi akan lebih baik jika sesuai dengan gaya interior rumah, misalnya interior klasik tentunya tidak cocok jika dipasang railing tangga minimalis, begitupun sebaliknya. Gaya minimalis tentunya adalah gaya arsitektur yang sederhana, maka railing tangga yang sesuai adalah tangga yang tidak terlalu banyak ornamen, warna primer dan bentuknya geometris. Sedangkan klasik tentunya sebaliknya dengan bahan yang lebih mampu menampilkan keriuhan ornament seperti besi tempa, kaca ukir dan lain-lain.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar